Senin, 16 Maret 2015

Pengertian Tenses

Pengertian Tenses dan kegunaannya.

Penjelasan Tenses Bahasa Inggris LENGKAP!!!

Tenses? Pasti sobat sudah akrab dengan yang namanya tenses. Dari SD sampai SMA pasti ada saja materi pelajaran bahasa Inggris yang mengajarkan tenses. Tidak seperti bahasa Indonesia, keterangan wakut seperti sekarang, masa lampau, dan masa depan berpengaruh terhadap susunan kata dalam komunikasi bahasa Inggris. Oleh karena itu belajar tenses bahasa Inggris dirasa sangat perlu. Nah, belajar bahasa Inggris pada kesempatan kali ini mencoba mengahdirkan penjelasan tenses bahasa Inggris secara lengkap. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Tenses

 
Penulis yakin sobat sekalian pasti sudah sangat akrab dengan yang namanya tenses tapi jika ditanaya apa sih sebenarnya tenses, pasti cuma beberapa saja yang bisa menjawab. Kata 'tense' sebenarnya berasal dari bahasa Latin yaitu 'tempus' yang berarti waktu (time). Walaupun demikian tense dan time sangat lah berbeda. Di jelaskan oleh pakar grammar, pak As Hornby, kata TIME dan TENSE sangat lah berbeda. kata TIME merujuk pada pembagian waktu yang mana terdiri dari tiga bagian yaitu waktu lamapu (past), waktu sekarang (present) dan waktu ke depan (future). Sedangkan TENSES merujuk pada bentuk kata kerja (verbs) yang berubah karena pengaruh past, present dan future tersebut. Tidak hanya dipengaruhi oleh past, present dan future saja, perubahan verbs dalam tenses juga mengindikasikan apa kejadian sudah, telah atau akan selesai atau kejadian tersebut sedang belangsung di waktu tertentu.

Penjelasan Tenses Bahasa Inggris LENGKAP | www.belajarbahasainggris.us

B. Jenis-jenis Tenses
 
Dari pengertian tenses di atas kita ketahui bawah tenses didasarkan pada tiga jenis waktu yaitu past, present dan future. Tidak cuma itu dalam bahasa Inggris, tenses diidentifikasi apakah kejadian tersebut selesai (perfect) atau dalam progress (continous/progressive). Hal-hal teresebut lah yang mempengaruhi jenis-jenis tenses.

Terdapat 12 jenis tenses yang terbagi 4 bagian past, 4 bagian present dan 4 bagian untuk future. Jenis-jenis tenses tersebut adalah:
3. Past Perfect Tense
4. Past Perfect Continuous Tense
5. Simple Present Tense
6. Present Continuous Tense
7. Present Perfect Tense
8. Present Perfect Continuous Tense
9. Simple Future Tense
10. Future Continuous Tense
11. Future Perfect Tense
12. Future Perfect Continuous Tense

C. 12 atau 16 Tenses???

 
Sebenarnya ada berapa sih tenses bahasa Inggris itu? 12 atau 16? Bagi yang sedang belajar serius tentang tenses pasti mempunyai pertanyaan yang sama. Karena di Indonesia, tenses bahasa Inggris diajarkan mempunyai 16 jenis, 12 jenis tenses di atas ditambah Simpe Past Future, Past Future Continous, Past Future Perfect dan Past Future Perfect Continous.

Semua guru Bahasa Inggris pasti mempunyai jawabannya sendiri-sendiri. Penulis pribadi sering bertanya-tanya kepada guru atau teman mengenai jumlah tenses bahasa Inggris. Tapi tidak mendapati jawaban yang pas. Tidak satu pun sumber referensi grammar terpercaya juga membahas jumlah tenses. Buku-buku grammar seperti milik Betty Azar, Raymond Murphy, AJ Thomson atau Marcella Frank hanya menampikan 12 jenis tenses seperti di atas tanpa memberi tahu kenapa hanya ada 12 bukannya 16 seperti yang diajarkan selama ini.

Seiring waktu, penulis juga mempunyai jawaban tersendiri mengenai pertnyaan tersebut. Terdapat 4 hal menjadikannya memiliki 12 jenis. Ke-4 hal tersebut adalah:

1. Past, Present atau Future
Sebagai mana kita ketahui Tenses sebenarnya perubahan kata kerja (verb) yang terjadi karena pengaruh waktu (past, present dan future) yang kemudian menjadi Simple Past, Simpe Present dan Simple Future.

2. Progressive/ Continuous
Sedang berlangsung (Progress) atau tidaknya suatu kejadian atau kegiatan juga mempengaruhi jenis tenses. Sehingga terdapat tiga jenis tenses lain yaitu Past Continuous, Present Continous dan Future Continous.

3. Perfect
Perubahan kata kerja (verb) juga depengaruhi oleh selesai atau tidaknya kejadian atau kegiatan yang dilakukan (Perfect) yang kemudian menjadi Past Perfect, Present Perfect dan Future Perfect.

4. Progressive pada bentuk Perfect
Bentuk Perfect juga memiliki bentuk Progressive yang menekankan pada durasi dari suatu aksi yang mempunyai awal dan akhir. Past Perfect Continuous, Present Perfect Continuous, dan Future Perfect Continuous

Sedangkan ke-3 tenses yang lain yang berbentuk entuk Past Future pada tenses yang selama ini kita kenal lebih pantas menyandang nama Conditional Sentence dari pada tenses.

Semoga penjelasan di atas tentang Tenses Bahasa Inggris bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Jika terdapat kesalahan baik berupa tulisan maupun penjelasan, penulis membuka kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih.^^

By: Yosep Papuanus Iyai (Lampung University)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar